Visi dan Misi

01 Februari 2017 02:48:35 WIB

Visi-Misi

4.1.1 Visi

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Desa Kerjo harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s. Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Kerjo merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap lima tahun sekali. Cita-cita itulah yang kemudian mengerucut sebagai visi Desa. Pernyataan Visi Desa Kerjo   adalah Mewujudkan masyarakat Desa Kerjo yang Toto, Tentrem, Kertoraharjo berlandaskan Kebersamaan dan Gotongroyong”

                 Yang dimaksud dengan  Toto adalah  dalam setiap program pembangunan pemerintah desa Kerjo diharapkan tertata dengan baik dan juga dalam  pelaksanaanya bisa dilaksanakan secara prosedural, transparan dan akuntable. Tentrem dalam artian masyarakat secara keseluruhan bisa menikmati hasil dari pembangunan di desa Kerjo tanpa ada perbedaan sehingga akan tercipta ketentraman dan kesejahteraan dalam masyarakat. Kertoraharjo adalah keadaan masyarakat yang telah terpenuhinya kebutuhan pokok dalam kehidupanya dalam hal sandang, pangan , papan dan hak-hak lain yang harus diterima dalam kehidupanya. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut harus dengan memprioritaskan  partisipasi dari seluruh elemen masyarakat di desa, baik perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, masyarakat umum, semua itu dilaksanakan dalam  kebersamaan dan gotongroyong. Penyatupaduan seluruh elemen masyarakat ini bertujuan agar seluruh masyarakat terlibat dalam semua proses tahapan pembangunan sehingga akan tercipta masyarakat desa kerjo yang Toto, Tentrem, Kertoraharjo.

 

Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik (ideal) dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai, dibanding dengan kondisi yang ada saat ini. Melalui rumusan visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat pada keadaan yang lebih baik, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta  mempersatukan anggota masyarakat.

 4.1.2  Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.

Hakekat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain misi merupakan penjabaran lebih operatif dari visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai visi desa  selama masa lima tahun.

Untuk meraih visi desa seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah misi desa  sebagai berikut:

  1. Menciptakan pemerintahan desa Kerjo yang bermutu dan  bertanggungjawab.
  2. Meningkatkan pembangunan infrastruktur dan hasil pertanian untuk mewujudkan kesejahteraan dalam masyarakat.
  3. Menciptakan keamanan dan ketentraman dilingkungan masyarakat.
  4. Pemberdayaan generasi muda dalam pembangunan desa.
  5. Meningkatkan peranserta masyarakat dalam pembangunan desa.

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kerjo

tampilkan dalam peta lebih besar