KEGIATAN BERSIH DESA (KENDUREN)

muhroji 08 Juli 2019 16:48:39 WIB

     Masyarakat RT 22 RW 04 Dusun Krajan Desa Kerjo Kecamatan Karangan Trenggalek Menggelar Tradisi masyarakat atau “Selonan” pada Jum’at, 5 Juli 2019, yang sudah menjadi ritual turun temurun bagi masyarakat setempat.

     Kegiatan bersih desa, yang merupakan salah satu tradisi yang sudah mendarah daging pada masyarakat Indonesia khususnya di wilayah pedesaan, memiliki makna mendalam yang masih dipegang oleh masyarakat yang melaksanakannya. Setiap kegiatan yang dilaksanakan selama pelaksanaan bersih desa, seperti berdoa bersama, berkumpul dan bertemu tetangga dan keluarga sambil mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan merupakan nilai positif yang harus senantiasa dipegang. Diharapkan dengan adanya tradisi bersih desa, nilai tersebut akan terus lestari meski zaman terus melangkah maju.

     Kegiatan yang dilaksanakan adalah berupa kirim doa (Tahlil) yang dilaksanakan di Petilasan Mboto Kepel, tempat penghormatan masyarakat setempat atas dibukanya lahan pada masa lalu. Tradisi ini dilaksanakan pada setiap tahun, tepatnya setiap bulan “Selo” dalam penyebutan Jawa atau Dzulkaidah dalam nama islamnya.

     Dalam acara ini, diundang Bapak Rebo selaku kepala desa, perangkat desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat. Turut diundang pula mahasiswa UPN Veteran Jawa Timut yang tengah melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tanggal yang bersangkutan.

     Acara ini dimulai pukul 06.30 WIB. Berbagai sajian telah disiapkan di tengah Petilasan Mboto Kepel, kemudian dibagikan kepada seluruh masyarakat yang hadir setelah pembacaan serangkaian doa Tahlil, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, juga sarana agar masyarakat dapat bersilaturahmi dan senantiasa dalam kondisi rukun dan sejahtera.

 

Komentar atas KEGIATAN BERSIH DESA (KENDUREN)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kerjo

tampilkan dalam peta lebih besar